Tiba-tiba pengen bikin kebaya..hehe.. buat nikah? hmm, gak juga..karena belum tau kapan nikahnya..😦 buat kondangan, di bali jarang ada undangan.. buat lamaran, belum jelas juga waktunya.. buat wisuda, udah lewat.. trus buat apa donk..?? *bingung sendiri..

Iseng, jalan-jalan di sekitar pasar badung. Disitu banyak yang jual toko tekstil apalagi bahan buat kebaya, so gak masalah kan kalo lihat-lihat doank..*yakin cuma lihat doank? gak sih..πŸ˜€

Setelah menyusuri pertokoan kain, aku berhenti di salah satu toko. Namanya “Anwar Tekstil” dengan manikin yang di pasang sehelai kebaya tile dan kain salurnya, membuat aku penasaran untuk melihat ke dalam. Wowww.. ternyata berbagai macam bahan kebaya ada disini (terlalu lebay ah) maksudnya disini lumayan lengkap koleksi kebayanya. Namanya juga lucu-lucu, ada namanya cinta laura, bcl, luna maya ampe manohara pun ada..ckckckck, emang kreatif nih yang punya toko..wkikiki…

Setelah melihat, meraba (merasakan kehalusan bahannya), dan mematut-matut diri di depan cermin, akhirnya keputusan itu dikeluarkan juga. Yakni membeli 2 buah bahan, sebuah bahan tile luna maya dengan warna hijau tosca dihiasi benang bordir keemasan yang menjadikan bahan ini tampak mewah dan anggun. Dan satu lagi bahan brokat dengan kombinasi warna coklat, merah dan peach yang membuat si pemakai tampak lebih segar karena warnanya yang cerah. Hmm, warna-warna yang cantik… Ohya, harga untuk bahan tile luna maya di bandrol 125 rb (panjang 2 yard = 1,8 m), itupun harga sale karena harga sebenarnya 200 rb. Untuk harga akhir tahun kata Pak Anwar. Sedangkan bahan brokatnya ditetapkan dengan harga 115 rb (panjang 1,5 m).

Ohya, tentunya gak lengkap tanpa bawahan. Setelah ngudek-ngudek isi toko Pak Anwar, aku menemukan 2 buah kain yang senada dengan warna bahan kebaya tadi, yang satu warna hijau salur dan satu lagi warna kecoklatan motif batik salur. Untuk kain hijau salur seharga 40 rb dan kain coklat seharga 75 rb (lebih mahal karena bahannya lebih halus). So, total belanjaan bahan kebaya 360rb (lumayan murah kan dibanding dengan harga brokat perancis yang terkenal itu, ya iyalah jauuuuhh..huehehe..)

Informasi ini sengaja aku posting untuk membantu teman-teman yang ada di denpasar, jika ingin mencari bahan kebaya yang ingin membuat kebaya wedding, lamaran, kondangan atau untuk pakaian adat untuk upacara keagamaan. Toko “Anwar Tekstil” ini terletak di sebelah kiri sekitar 6 toko dari perempatan lampu merah pasar badung. Siapa tahu ada yang ingin mencoba melihat bahan kebaya disana. (waduh, mustinya aku dapet royalti nih karena udah bantu promosiin yah minimal diskonlah..wkekeke, gak dink aku ikhlas kok).

Nah, sekarang masalahnya bingung menentukan model kebaya apa yang akan aku buat untuk semua bahan ini. Dan mencari penjahit kebaya yang bagus, rapi, teliti, mengerti model apa yang aku inginkan dan yang pasti harga jahitnya terjangkau -paling penting nih-. Walaupun kebaya ini belum jelas tujuannya untuk apa, gak ada salahnya di bikin dulu jadi kalo ada event-event tertentu (ehem) bisa langsung dipakai deh..πŸ˜‰

Baiklah…saatnya hunting model design dan penjahit kebaya ahh..atau diantara kalian ada yang tahu dimana penjahit kebaya yang oke ?