Huehehe… mumpung di jengukin lagi sama doi, kali ini kita mencoba wisata adventure buat mengisi liburan ini. Dan pilihan jatuh kepada rafting di sungai ayung yang terletak di daerah ubud sekitar 1 jam dari denpasar. Lokasi ini cocok untuk pemula alias yang baru pertama kali rafting (nah, buat aku cucok.. secara baru pertama kali, hehehe). Untuk rafting ini kami mengambil paket tour dengan harga Rp 225.000 per orang dengan durasi rafting sekitar 2 jam, paket sudah termasuk minuman selamat datang, perlengkapan rafting, hidangan makan siang, handuk, dan antar jemput.

Tiba saatnya dijemput setelah drivernya sekian lama muter-muter nyari alamatnya, akhirnya datang juga. Ternyata kami kloter terakhir yang dijemput, di mobil sudah ada 2 couple duluan. jadi total tim yang akan rafting adalah 6 orang. So, langsung berangkat menuju TKP dehh….
Nyampe disana, kami di persilahkan ganti baju dan memakai perlengkapan rafting. Dan ternyata untuk menuju ke sungai kami harus menuruni bukit sekitar 2 KM dengan tangga tanah yang berundak-undak. Jadilah kami membelah hutan rimba, menerjang bukit dan menyibak belantara..(halah, lebay yakk..) wkikiki… pastinya untuk mengisi kekosongan waktu sambil menuruni tangga tak lupa untuk mengabadaikan perjalanan menuju sungai dengan berfoto ria. Saking sibuk foto-foto kadang kami tertinggal oleh tim kami..πŸ˜‰

Hufhh, nyampe juga di sungai. Sesampainya di sungai kami diberi instruksi cara menggunakan dayung & aba-aba panduan dari sang guide dalam berbagai rintangan nantinya. Setelah diberi pengarahan, kami bersiap untuk memulai petualangan kami.. Dan inilah rintangan awal, saat memulai dari starting point kami langsung di hadapkan dengan arus sungai yang deras serta undakan batu sungai yang cukup menghujam, wouw… seketika tubuh kami melayang sedikit ke udara. hihihi…seru banget.

Dalam perjalanan ini, kami akan melewati 2 pemberhentian, sekitar 30 menit dari starting point ada pemberhentian I, adalah tempat batu besar dimana di dinding batu tersebut terdapat relief cerita ramayana yang di ukir oleh para seniman bali. Keren banget, gak kebayang berapa lama mereka menyelesaikan relief tersebut. Ohya, di pemberhentian ini kita juga bisa berenang karena arus sungainya tidak terlalu deras disini. Tapi jangan coba-coba jika sudah lewat dari tempat ini maka arus sungai kembali deras. Disini kami berhenti sekitar 15-20 menit. Dan lanjut sekitar 20 menit dari pemberhentian I ada point pemberhentian II, Air terjun yang tingginya sekitar 15-20 meter, disini kita bisa menikmati massage alami yang berasal dari curahan air terjun tersebut. Di sepanjang perjalanan kami di anugerahi pemandangan yang indah, dinding bukit yang menjulang tinggi, resort hotel untuk wisata, lahan pertanian para warga desa yang tertata rapi, dan burung biru yang sangat indah menghiasi pesona mata kami dalam hijaunya hutan. Dan yang pasti rintangan-rintangan dari batu-batu sungai dan arus yang deras membuat adrenalin kami sedikit terangkat.

P5300230
* di starting point

P5300233
* Pemberhentian I, reliefnya gak keliatan yah? hehe

P5300243
* background relief ramayana

P5300259
* Pemberhentian II, Air Terjun

P5300274
* Our Team, kayaknya agak overload yah.. yang naik 7 orang bo’ plus guidenya, hihihi

Hmm, akhirnya tiba di ending point. Dan untuk kembali ke atas kami harus mendaki bukit sekitar 5 KM, huwaaa… jauh banget, tapi untungnya jalanan bukitnya sudah berupa tangga sehingga memudahkan untuk mendakinya. Tapi kan tetep aja bikin dengkul gempor bo’, hehehe… dasar yah, makanya olahraga bu…
Sesampainya di tempat istirahat kami segera membersihkan diri dan ganti baju, karena perut sudah berteriak-teriak minta di isi. Sambil menikmati hidangan, kami disuguhi DVD yang berisi perjalanan rafting kami tadi yang direkam oleh kru dari perusahaan travel yang kami gunakan untuk rafting ini. Hihihi, videonya lucu juga, tapi sayangnya harga yang ditawarkan mahal banget sekitar Rp 350.000 untuk DVD. Hmm..

Subhanallah, Allah menciptakan alam yang indah dan asri, semoga manusia bisa selalu menjaga & merawat titipan Allah ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan berguna demi kelangsungan generasi mendatang. Semoga wisata kami kali ini bisa jadi referensi buat yang mau mencoba rafting, khususnya bagi pemula. Di jamin seru abiesss….πŸ™‚