Hmm… hampir beberapa minggu ini aku mengalami insomnia. Gak enak bgt, pengen tidur gak bisa, dipejemin matanya eh melek lagi. Apalagi pas ada acara di TV yang bagus, nambah melek nih mata…(ini mah dasar emang pengen nonton tv, yaks..hihihi..).

coba baca-baca artikel berkaitan dengan insomnia. kira-kira begini kesimpulannya agar dapat mengatasi insomnia :

1. Atur pola Tidur.
Jika Anda menganut sistem tidur sesuka hati, sebaiknya hentikan segera! Mulailah atur pola tidur Anda, dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Awalnya memang terasa berat, namun jangan keburu mengeluh karena merasa terbebani. Itu hanya masalah merubah kebiasaan. jadi sebaiknya jangan terlalu diambil pusing. Karena dengan memiliki jadwal tidur teratur, waktu tidur Anda akan lebih terkontrol lagi.
*hmm, gmn mo teratur… lah, aku seorang shifter..hiks..hiks..

2. Kurangi minuman berkafein dan bersoda
Kebiasaan minum kopi untuk menghilangkan kantuk saat tengah beraktivitas, karena semalaman sulit tidur, sebaiknya mulai dikurangi. Apalagi di jam-jam sore, karena kafein bisa menghambat tidur Anda di malam hari. Selain itu, kurangi juga minuman bersoda di sore hari, karena akan membuat Anda sering buang air kecil dan menggangu waktu tidur Anda.
*aku gak suka kopi kok, sukanya mimik susu…wkikiki…

3. Batasi kegiatan di atas tempat tidur
Sebaiknya jangan jadikan tempat tidur Anda sebagai tempat favorit untuk membaca buku, mendengarkan radio, bertelepon ria dengan teman atau menonton televisi.
Jika mencampur adukkan semua aktivitas di tempat tidur dengan hal-hal di atas, justru akan mengurangi fungsi dari tempat tidur itu sendiri dan akan menimbulkan kebosanan dengan suasana kamar yang dijadikan tempat beraktivitas bukan tempat untuk beristirahat.
*kalo kamarnya cuma tempat tidur doank, ya semua dilakuin di tempat tidur kaleee…namanya juga anak kos

4. Tunggu rasa kantuk tiba
Jika sepulang beraktivitas Anda masih belum merasa kantuk, sebaiknya jangan paksakan diri untuk langsung tidur, karena justru akan membuat Anda stres dan merasa tersiksa dengan jadwal pola tidur yang baru. Mandi dengan air hangat akan membuat Anda merasa lebih segar sebelum beranjak ke peraduan. Selain itu segelas susu hangat juga dapat membuat Anda merasa rileks dan nyaman, karena susu mampu memperlambat metabolisme tubuh dan menimbulkan rasa ngantuk.
*nah, yang ini cucok…hehehe

5. Mendekor ulang kamar tidur
Menciptakan suasana baru yang lebih nyaman dan damai pada kamar tidur Anda tentunya akan membawa kesegaran baru.
*bisa gak yah, secara kamar kos ku defaultnya udah pas buat kasur & lemari doank..πŸ˜€

6. Ubah posisi jam
Bagi penderita insomnia, detak jam dinding dan juga jam weker sering membuatnya merasa terganggu. Untuk itu, tempatkan jam dinding di kamar mandi atau tempat lain yang tidak langsung berdekatan dengan posisi tempat tidur Anda.
* gak ngaruh kayaknya…

7. Tidur siang boleh, tapi …
Usahakan tidak bangun melebih jam 4 sore, karena jika terbawa hingga malam dan anda terbangun saat itu, justru akan memperparah kondisi Anda, dimana Anda akan kesulitan lagi untuk kembali tidur dan terjaga hingga pagi menjelang.
*kalo mulai tidurnya jam 4 sore gimana tuh??

8. Olahraga
Olahraga merupakan alternatif yang paling baik dilakukan setelah Anda beraktivitas. Karena dapat membuat otot-otot yang kaku dan tegang setelah seharian beraktivitas, menjadi lebih rileks. Dan efeknya tentu sangat baik untuk kualitas tidur Anda. Dimana Anda akan jauh merasa lebih rileks dan nyaman pada saat tidur dengan kondisi tubuh yang bugar dan tidak pegal-pegal.
*ini nih yang sulit banget, kapan ya bisa konsisten buat yang satu ini…😦

Dari semua tips kok sepertinya gak ada yang bisa aku coba yah, hmm….ada tips lainkah? ditunggu…
Matur Nuwuuuunnn….