Demam bukanlah penyakit, melainkan suatu gejala bahwa tubuh kita sedang berusaha memerangi kuman penyakit. Selama masa pancaroba, bibit penyakit memang kian leluasa berkeliaran di sekeliling kita. Demam biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, tetaplah waspada karena demam bisa menjadi pertanda bahwa kita terserang penyakit ringan maupun serius.

Mengatasinya: Tidak perlu minum obat antipanas bila suhu tubuh masih di bawah 38 derajat Celsius. Pasalnya, ketika demam sebenarnya tubuh kita sedang berusaha menyingkirkan penyakit dengan β€œmemanaskannya”. Istirahat saja yang cukup dan minum banyak cairan untuk memperlancar pengeluaran toksin dari dalam tubuh.

Kapan ke dokter? Bila mengalami demam tinggi dan suhu tubuh tidak juga turun meski sudah minum obat penurun demam. Jika demam berlangsung selama 3 hari, ada baiknya bila berinisiatif melakukan tes darah untuk mengantisipasi serangan penyakit demam berdarah.
Pencegahan: Pelihara kondisi tubuh dengan berolahraga, mengasup makanan bergizi tinggi, dan cukup beristirahat. Tekan dulu keinginan untuk berdiet dan berolahraga mati-matian serta dugem sampai pagi supaya stamina tubuh tetap terjaga.

Numpang copy dari : KOmpas.com..( Semoga bermanfaat..:D)